Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kampus Peroleh Sambutan Luar Biasa

242
Petugas Dinas Perhubungan Sleman melakukan uji emisi kendaraan bermotor di halaman parkir Kampus STIE YKPN Sleman. (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Uji  petik emisi kendaraan bermotor yang berlangsung di halaman parkir Kampus STIE YKPN Sleman, Kamis (14/09/2017), memperoleh sambutan luar biasa. Bukan saja dosen dan pegawai kampus, namun banyak pula mahasiswa menguji kendaraan roda empat miliknya.

Hadir dalam uji petik emisi tersebut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman Drs Mardiyana MSi. Sedangkan uji petik emisi dipimpin Kepala seksi  Keselamatan Transportasi Bidang Transportasi Dinas Pehubungan Kabupaten Sleman, Bambang Sumedi Laksono SE MM.

Mardiyana menyampaikan, uji petik emisi kendaraan bermotor ini untuk sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya rutin merawat kendaraan bermotor roda empat. Selain kendaraan akan tahan lama juga menjaga polusi udara. Uji petik emisi dilakukan di lingkungan kampus agar masyarakat mengikuti  dan meniru langkah kalangan akademisi.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas Sebagai Momen Muhasabah

“Para pendidik saja mengikuti uji petik emisi kendaraan bermotor, maka diharapkan masyarakat juga mengikutinya,” kata dia.

Bambang Sumedi menambahkan uji emisi gas buang kendaraan bermotor roda empat berlangsung selama empat kali yaitu  pada 5 September 2017 di Universitas Negeri Yogyakarta. Di kampus itu, total kendaraan yang diuji 111 dengan perincian 17 kendaraaan berbahan bakar solar yang lulus 9 dan yang tidak lulus 8.

Sedangkan kendaraan bermotor berbahan bakar bensin dari 94 unit 87 dinyatakan lulus. Pada 7 September 2017 di Universitas Atmajaya  kendaraan yang diuji 75 unit dan 11 di antaranya berbahan bakar solar, sisanya bensin. Yang lulus untuk solar 5, sedang berbahan bakar bensin lulus 60.

Pada 12 dan 13 September  di UGM, jumlah kendaraan yang diuji sebanyak 252 unit. Kendaraan berbahan bakar solar  lulus uji emisi 22 unit, dan kendaraan berbahan bakar bensin lulus 201 unit.

Baca Juga :  Diskominfo Gelar Ekspos Hasil Monev PPID

Uji petik emisi di STIE YKPN ada 75 kendaraan, terdiri 7 kendaraan berbahan bakar solar dan 68  berbahan bakar bensin. ‘’Kendaraaan berbahan bakar solar yang lulus hanya 1 dan yang tidak lulus 6, kendaraan berbahan bakar bensin yang diuji 68 yang lulus 66 dan yang tidak lulus hanya 2,” kata dia.

Total kendaraan bermotor berbahan bakar solar yang diuji selama lima hari ada 513 unit, yang tidak lulus 44 kendaraan. Sementara kendaraan berbahan bakar bensin sejumlah 432 unit, yang lulus uji emisi sebanyak 414 dan yang tidak lulus hanya  18 kendaraan. (bid jalasutra)