Ultimatum, Buang Sampah Sembarangan akan Dikenai Sanksi

459
Sampah menumpuk di Jalan Mayjend Sutoyo Kebumen, Senin (06/11/2017) siang. Padahal lokasi ini tak jauh dari container sampak. (Nanang W Hartono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Optimisme  Bupati Kebumen HM Yahya Fuad Kebumen meraih  tropi atau penghargan Adipura untuk kategori Kota kecil tahun 2018, ternyata belum dibarengi dengan perubahan kesadaran sebagian warga untuk membuang sampah pada tempatnya.  Kebiasaan membuang sampah sembarangan masih nampak. Ironisnya hal itu terjadi di tempat yang bahkan telah tersedia kontainer sampah.

Perilaku warga yang membuang sampah sembarangan, salah satunya nampak di sudut luar SMA Negeri 1 Kebumen.  Sampah plastik dan  kardus bekas kemasan makanan dan minuman menumpuk di tempat itu.

Padahal kurang dari 20 meter dari tempat tersebut, ada kontainer sampah yang disediakan Dinas Perumahan  Permukiman Kawasan dan Lingkungan Hidup (Dinas Perkim LH)  Kebumen.  Lokasi itu tak jauh dari rumah dinas Wakil Bupati Kebumen dan Kantor Pemkab Kebumen.

Baca Juga :  “Juara Purbalingga ”, Hadir Atasi Permasalahan Kesehatan Remaja

“Ya itu kesadaran masyarakat yang rendah, SMA Negeri 1 yang kena getahnya,“ kata Pelaksana Tugas Kepala SMA Negeri  1 Kebumen Rahmat Priyono, kepada koranbernas.id.

Hari Senin (06/11/2017) siang, tumpukan sampah masih nampak. Petugas  kebersihan nampak lebih mendahulukan  menyapu sampah daun-daun pohon perindang, ketimbang mendahulukan membersihkan sampah di tempat itu

Sebelumnya, Jumat (03/11/2017), ketika kerja bakti massal dalam rangka menyongsong  penilaian  penghargaan Adipura tahap I,  Yahya Fuad merasa optimistis Kota Kebumen meraih tropi atau penghargaan Adipura. Optimisme dibarengi  perbaikan pengelolaan sampah oleh pemkab dan masyarakat.

Kepada wartawan Kepala  Dinas Perkim  LH Kebumen  Edi  Rianto mengatakan, akan mengkampanyekan malu membuang  sampah sembarangan. Operasi tangkap tangan terhadap pembuang sampah sembarangan, juga akan diterapkan.

Baca Juga :  Ada 214.000 Jiwa Menghuni Daerah Rawan Bencana

Mereka yang terbukti membuang sampah sembarangan akan diberi sanksi sosial. Seperti  dipublikasikan  pelanggar di media massa.

“Setiap orang harus berani menegur yang membuang sampah sembarangan,“ kata Edi Rianto. (SM)