Umbul-umbul Berkibar di Seluruh Wilayah

243
Warga memasang umbul-umbul di Wilayah RW 08 Kelurahan Sorosutan, Minggu (05/08/2018). (arie giyarto/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Suasana kawasan Rukun Wilayah (RW) 08 Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta mulai Minggu (05/08/2018) tampil beda.

Bendera Merah Putih dan umbul-umbul warna-warni berkibar di seluruh wilayah itu. Tidak hanya di sepanjang jalan besar yang membelah wilayah Perumahan Pakel Baru maupun sepanjang Jalan Sidokabul, tetapi juga sampai di gang-gang permukiman warga.

Ratusan warga yang bermukim di lima RT secara serentak melaksanakan kerja bakti di wilayah masing-masing di bawah koordinator panitia HUT ke-73 Republik Indonesia tingkat RW 08 yang diketuai Aji Karnanto SE.

Tidak hanya semarak dengan bendera dan umbul-umbul, lingkungan juga menjadi sangat bersih, termasuk beberapa rumah kosong maupun pekarangan “tak bertuan” yang biasanya kotor lantaran tak terurus.

“Bersih itu menyenangkan. Semoga kebersihan seperti ini terus terjaga,”  kata Ir Ipung, seorang tokoh masyarakat yang aktif membersihkan lingkungan bersama warga dan memasang umbul-umbul mendampingi Ketua Panitia Aji Karnanto SE.

Ibu-ibu PKK pun aktif menyediakan logistik secara swadaya yang akhirnya terkumpul melimpah.

Warga membersihkan pekarangan rumah tak bertuan. (istimewa)

“Kami juga membenahi dan menambah lampu penerangan jalan sampai gang-gang di permukiman,” kata Widodo, Seksi Sosial RT 31 kepada koranbernas.id.

Membawa perlengkapan teknis perlistrikan, dibantu warga muda usia yang masih piawai menggunakan tangga, dia memasang lampu. Selain lingkungan menjadi lebih terang di malam hari, diharapkan keamanan pun bisa lebih meningkat.

Sementara itu ibu-ibu pengurus dan anggota  Bank Sampah “Matahari” di wilayah RT 31 sibuk melakukan aktivitasnya. Anggota menyetorkan sampah yang telah dipilah sesuai kelompoknya.

Lomba sepeda berhias koran menyemarakkan 17-an. (istimewa)

Bank Sampah tersebut telah memiliki omzet ratusan ribu rupiah dan keberadaannya mendukung kebersihan lingkungan.

Menyemarakkan HUT RI tahun ini panitia mengagendakan aneka kegiatan. Termasuk jalan sehat, aneka lomba yang melibatkan anak-anak sampai lanjut usia.

Tirakatan dilaksanakan 16 Agustus malam di RT masing-masing dan puncak acara tingkat RW dijadwalkan Sabtu (25/08/2018) di depan Wisma Melati. Kepanitiaan ditangani RT secara bergiliran setiap tahun dan kali ini jatuh pada RT 28. (sol)