UMP Luncurkan Program S2 Pendidikan Bahasa Inggris

320
Rektor UMP, Dr. Syamsuhadi Irsyad M.H memukul gong menandai peluncuran program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, di Aula AK Ansori kampus setempat, Dukuh Waluh, Purwokerto, Rabu (1/11/2017). (prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) meluncurkan Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris, Rabu (01/11/2017), di Aula AK Ansori UMP. Ini prodi magister kelima yang dimiliki UMP, sebelumnya Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Sekolah Dasar dan Magister Manajemen.

“Jadi kami sekarang sudah memiliki lima program studi magister,” ujar Rektor UMP Dr. Syamsuhadi Irsyad MH.

Hadir dalam kesempatan itu hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Purwadi Santoso, M. Hum, Badan Pembina Harian (BPH) UMP, Wakil Rektor UMP, Direktur Pasca Sarjana UMP Dr Furqanul Azies MPd, Jajaran dekanat dan Kepala Program Studi Se UMP, serta Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kabupaten Banyumas.

Rektor UMP, Syamsuhadi Irsyad MH menegaskan, program Magister Pendidikan Bahasa Inggris ini didirikan melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomer 524/KPT/I/2017 yaitu Program Studi Pendididikan Bahasa Inggris Program Magister.

UMP yang telah berumur hampir 53 tahun, telah memposisikan diri sebagai kampus kelas dunia. Mereka telah memiliki rencana strategis sebagai kampus pencetak guru terbaik seperti di negara Finlandia.

“Finlandia merupakan negara yang memiliki sistem seleksi menjadi Calon guru yang sangat ketat,” ujarnya.

Dijelaskan Irsyad, UMP saat ini telah menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat, yang terakreditasi B. UMP juga menempati peringkat ke-2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia.

“Di bidang Internasionalisasi, kami secara aktif terus mengembangkan kerja sama Internasional dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, UMP saat ini juga memperkuat kerjasama dalam negeri dengan 82 mitra strategis, diantaranya Instansi Pemerintah Daerah, Rumah Sakit dan Industri terkemuka di seluruh Indonesia.

Irsyad mengatakan, UMP akan selalu menjaga mutu lulusan. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini selalu terakreditasi B oleh BAN PT.

“Ini bukti komitmen kami, dari jajaran universitas, fakultas dan program studi berprinsip selalu menjaga kualitas Input-Proses-OutPut. dan akan terus kita tingkatan menjadi prodi unggulan percontohan di kampus kami menuju akreditasi A,” tandasnya.(yve)