UNBK SMP Negeri 3 Ngendon Numpang di SMAN Negeri 1

769
Pj Bupati Sudaryanto bersama Kabag Humas Witarso Saptono Putro berbincang dengan para peserta UNBK. (Endri Yarsana/koranbernas.id).

KORANBERNAS.ID–Penjabat Sementara (Pj) Bupati Temanggung  Sudaryanto  memantau pelaksanaan Ujian Nasional  Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 tingkat Sekolah Menengah Pertama Rabu (24/04/2018). Sekolah yang ditinjau  meliputi SMP  Negeri 2 dan SMP Negeri  3 Temanggung .

Khusus untuk SMP 3, pelaksanaan UNBK dilaksanakan dengan meminjam laboratorium komputer di SMA Negeri 1 Temanggung  karena belum punya peralatan komputer sendiri.

Pemantauan dilakukan Kepala Bagian Humas Setda  Kabupaten Temanggung Witarso Saptono Putro dan pejabat terkait.

Pj Bupati mengatakan, pemantauan bertujuan untuk mengetahui langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP  tahun 2018. Dari 2 Sekolah  yang ditinjau, pelaksanaan UNBK secara umum berjalan lancar, meski diakui ada kendala gangguan jaringan komputer dengan server di Jakarta.

Namun kendala tersebut bisa diatasi sehingga para  peserta bisa mengikuti ujian dengan lancar. Demikian halnya unsur panitia penyelenggara sudah mempersiapkan secara maksmimal sehingga relatif tidak dijumpai kendala maupun hambatan yang berarti .

“Kepada para  siwa diharapkan mempersiapkan diri semaksimal mungkin supaya bisa mengerjakan  soal-soal ujian dengan baik. Hasil akhir Ujian Nasional SMP tahun 2018 ini, nantinya akan dievaluasi  untuk perbaikan ke depan sehingga  diharapkan pelaksanaannya semakin baik dan sempurna ,”tandasnya.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Temanggung Witarso Saptono Putro  menjelaskan,  Ujian Nasional SMP berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 23 sampai dengan 26 April 2018. Jumlah peserta seluruhnya 10.728 tersebar di 112 SMP dan  Mts baik negeri maupun swasta di 20 Kecamatan.  Untuk pelaksanaan UNBK  berlangsung di 63  SMP/Mts, bagi sekolah  yang sudah memiliki lab komputer dilaksanakan disekolah sendiri, sedang  yang belum punya pinjam lab komputer sekolah lain

Sedang 49 SMP/Mts lain  masih melaksanakan ujian nasional  pola  lama tidak berbasis komputer  karena belum memiliki fasilitas  laboratorium komputer  ataupun tidak  ada  laboratorium komputer sekolah lain yang bisa dipinjam.

“Adapun mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Naskah soal dibuat  oleh pemerintah pusat  berupa pilihan ganda dengan menjawab  langsung di komputer  bagi yang UNBK. Sedang yang non UNBK  dengan memberi tanda silang pada lembar jawab,” ujarnya

Kepala SMP Negeri 2 Temanggung Sugeng Philip mengatakan UNBK di sekolahnya diikuti 253 siswa kelas 9 yang terbagi menjadi 4  ruang laboratorium komputer. Setiap ruang lab berisi 32 perangkat komputer, sehingga peserta dibagi menjadi 2 sesi waktu pelaksanaan UNBK. Pada hari pertama UNBK materi pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia  yang secara  umum bisa berjalan lancar, karena  sebelum UNBK  para peserta beberapa kali mengikuti latihan. (SM)