Unik, Kampanye Tertib Lalulintas Libatkan Agamawan

167
Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Kebumen KH Drs Khamid MPdI, ikut memberi nasehat kepada pelanggar lalu lintas di Jalan Kolopaking Kebumen Senin (06/11/2017) siang. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Operasi Zebra Candi 2017 yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Kebumen  di  Jalan  Kolopaking,  Kota  Kebumen hari Senin  (06/12/2017) siang dilakukan dengan cara unik dan berbeda. Bukan hanya puluhan petugas kepolisian, agamawan pun dilibatkan dalam kampanye tertib lalulintas ini.

Mereka yang terbukti melanggar lalu lintas dan dapat mengancam keselamatan pengguna  jalan lain, kali ini tidak tidak ditindak. Mereka dinasehati dengan pendekatan agama,  oleh KH Khamid MPdI,  penyuluh  Agama Islam, Kementerian  Agama Kebumen yang juga Sekretaris  Majelis  Ulama Indonesia  (MUI) Kebumen.

Kepada pelanggar lalu lintas, KH Khamid mengingatkan, tertib dalam mengendarai  kendaraan di jalan juga bagian  dari ibadah. Sikap tertib itu menimbulkan  keselamatan  dan kenyamanan pengguna  jalan yang lain.

Baca Juga :  Dana CSR Bisa untuk Tanggap Darurat Bencana

Operasi Zebra Candi  yang dipimpin Kepala Satuan Lalu Iintas  Polres Kebumen AKP Suryo  Wibowo,  berhasil  menemukan puluhan  orang pelanggar lalu lintas. Selain mereka tidak bisa menunjukan SIM dan STNK,  sebagian besar melanggar rambu  lalu lintas.  Jalan satu arah sejak Jam 06.00 – jam 18.00 WIB, dilanggar oleh mereka.

“Kami berharap imbauan yang disampaikan melalui pendekatan agama bisa diterima masyarakat,“ kata Suryo Wibowo. Mereka yang kedapatan melanggar dan mendapat nasehat, bisa tumbuh kesadaran dan tidak mengulang perbuatannya. (SM)