UNY Makin Diperhitungkan di Luar Negeri

272
Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa M Pd melayani wawancara pada konferensi pers Senin (30/04/2018), dalam rangka Dies ke-54 UNY. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Memasuki usia ke-54, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih prestasi serta capaian yang membanggakan. Bahkan kampus ini makin diperhitungkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Ini merupakan anugerah Allah SWT yang didukung dengan kerja keras seluruh civitas akademika. “Tanpa limpahan rahmat-Nya, mustahil bagi UNY untuk mencapai raihan prestasi seperti sekarang ini,” ungkap Prof Dr Sutrisna Wibawa M Pd, Rektor UNY,  Senin (30/04/2018), dalam konferensi pers di kampus setempat.

Sehubungan digelarnya rangkaian agenda Dies Natalis ke-54 Tahun 2018 bertema Inovasi Berkelanjutan untuk Pendidikan, dia menyampaikan pada 2017 UNY menjadi Universitas Cluster 1, menduduki peringkat ke-10 di antara lebih dari 4.000 universitas di seluruh Indonesia.

“Capaian ini juga merupakan modal yang sangat berarti bagi UNY untuk menapak masa depan,” tambahnya. Universitas yang berdiri pada 21 Mei 1964 ini bahkan menargetkan pada 2025 unggul di tingkat dunia atau peringkat 1.000 QS WUR.

Baca Juga :  PAN Bagikan Bingkisan untuk Duafa
Prof Dr Sutrisna Wibawa M Pd memukul perangkat gamelan menandai dimulainya agenda festival dalang cilik dalam rangka Dies ke-54. (dwi suyono/koranbernas.id)

Dekan FIK UNY yang juga Penanggung Jawab Dies Natalis ke-54 Prof Dr Wawan S Suherman  M Ed maupun Ketua Panitia Pelaksana Dr Guntur MPd menambahkan, berbagai agenda Dies Natalis kali ini antara lain kegiatan olahraga, festival seni, seminar/workshop, kegiatan kesehatan, kegiatan sosial maupun pentas seni.

Upacara Dies Natalis ke-54 UNY dijadwalkan berlangsung 21 Mei 2018 pukul 09:30 di Auditorium kampus tersebut usai peresmian Gedung Digital Library.

Sebelumnya, pada 20 Mei 2018 di GOR UNY berlangsung Nusantara Mengaji dilanjutkan Salat Tarawih bersama Menteri Ristekdikti. Usai tarawih, digelar Pentas Ramayana Kolaborasi Dosen, Karyawan dan Mahasiswa.

Sedangkan Lomba Lukis Wayang sudah digelar 29 April, Pameran Wayang pada 30 April dan Festival Dalang Cilik dimulai Senin (30/04/2018) hingga 4 Mei di halaman rektorat.

Baca Juga :  Tak Semua Orang Peroleh Kesempatan Berhaji

Acara itu juga dimeriahkan Pentas Kolaborasi Dalang Cilik, Dosen dan Mahasiswa. Pada hari yang sama bertempat di barat Stadion UNY digelar Festival Makanan dan Minuman Tradisional.

Festival Dalang Cilik dalam rangka Dies ke-54 UNY. (dwi suyono/koranbernas.id)

UNY juga menggelar open house pada 15-21 Mei 2018. Tak ingin ketinggalan, digelar pula pentas Ketoprak Guru Besar, Dosen, Tendik dan Mahasiswa yang dijadwalkan pada 9 Mei 2018 di Auditorium UNY.

Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa M Pd menambahkan, di era disrupsi seperti sekarang ini yang ditandai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi begitu cepat, maka inovasi adalah tuntutan yang tidak bisa terhindarkan.

“Kita tidak bisa menjadi inovatif jika kita merasa terpaksa atau dipaksa untuk berinovasi. Inovasi yang muncul karena kepatuhan apalagi ketakutan tidak akan membuahkan hasil yang maksimal,” tandasnya. (sol)