UPT BP4 Pakem Pilot Project BPP

62
Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI meresmikan Gedung Penyuluhan UPT BP4 wilayah Pakem-Turi. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI mengukuhkan program Pilot Project Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Unit Pelaksana Tugas Balai Penyuluh Pertanian, Pangan dan Perikanan (UPT BP4) Pakem, sebagai Center of Education (COE) di Kantor UPT BP4 Pakem, Selasa (14/08/2018). Pengukuhan ditandai dengan pembukaan tirai.

Sri Purnomo pun memberikan apresiasinya. “Semoga dengan adanya program ini, fungsi UPT BP4 sebagai tempat interaksi dan penyuluh pertanian, pelaku utama usaha pertanian dapat semakin optimal,” ujarnya.

BP4 berperan strategis menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. Lembaga itu juga disebut sebagai garda terdepan mengawal dan mensinergikan program-program pembangunan pertanian dalam upaya Pemerintah Kabupaten Sleman mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Baca Juga :  Rentenir Itu Manis di Depan Pahit di Belakang

“Sudah seharusnya BP4 selalu melakukan terobosan dan inovasi baru yang sejalan dengan perubahan zaman,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut juga Sri Purnomo meresmikan secara langsung Gedung Penyuluhan UPT BP4 wilayah Pakem-Turi sebagai pelengkap sarana dan prasarana BPP sebagai COE.

“Program sudah ada. Sarana dan prasarana sudah ada. Sudah saatnya UPT BP4 wilayah Pakem – Turi semakin baik dan menjadi contoh UPT BP4 lainnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Heru Saptono,  menyampaikan salah satu yang melatarbelakangi kegiatan ini yaitu jumlah penyuluh pertanian dan perikanan di Kabupaten Sleman semakin hari semakin berkurang dikarenakan batas usia pensiun. Sedangkan jumlah kelompok tani dan kelembagaan petani bertambah.

Baca Juga :  PMI Sleman Siaga Bencana

“Kami mencari solusi, salah satunya membuat program BP4 sebagai COE.  Menjadikan UPT BP4 sebagai pusat pembelajaran, pendidikan formal baik bagi penyuluh, pelaku utama, pelaku usaha maupun masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

Kegiatan tesebut dapat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani, meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian sertga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. (sol)