Rektor UPY Dr Ir Paiman MP memukul gong tanda pembukaan rangkaian Dies Natalis ke-55 UPY di kampus setempat, Jumat (13/11/2017).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) terus mempersiapkan diri menjadi universitas berkelas ASEAN pada 2022 mendatang. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai target tersebut.

“Salah satu upaya mewujudkan visi itu dengan mewajibkan semua dosen ambil S3 karena sangat bagus jika 30 persen dari dosen kami bisa meraih doktor pada empat tahun ke depan,” papar Rektor UPY Dr Ir Paiman MP disela pembukaan rangkaian Dies Natalis ke-55 UPY di kampus setempat, Senin (13/11/2017).

Menurut Paiman, peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut sangat penting untuk meningkatkan daya saing UPY di tingkat ASEAN. Tenaga dosen yang kompeten akan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sebab Perguruan Tinggi (PT) akan kesusahan untuk bersaing bila SDM tenaga dosen masih bergelar master (S2).

Baca Juga :  Ini Dia Terobosan Polres Tekan Lakalantas

Selain SDM, UPY juga melakukan pembenahan dalam sarana prasarana dan fasilitas kampus. Diantaranya pengembangan laboratorium, sarana perkuliahan dan peningkatan kualitas Teknologi Informasi (TI) kampus.

Kampus tersebut juga berupaya meningkatkan kerjasama, baik PT didalam maupun luar negeri. Sebut saja dalam program pertukaran mahasiswa penelitian bersama, penerbitan jurnal dan sebagainya.

“Kami juga berupaya selalu mendorong mahasiswa agar membangun prestasi dan kebersamaan dalam mendukung UPY sebagai kampus yang unggul. Termasuk dalam dies kali ini juga kami rangkai guna membangun kebersamaan bersaing di tingkat global, utamanya ASEAN,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Dies Natalis UPY ke-55, Drs Rosalia Indriyati Saptatininingsih MSi menjelaskan dies natalis bermakna penting bagi DIY. Salah satunya sebagai penanda tingkat kemajuan dalam berkarya dalam ambil bagian pembangunan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan.

Baca Juga :  Dosen Penyebar Hoax Amoral

“Usia lima puluh lima ini menjadi bukti UPY mempunyai daya tarik khusus dan mampu bertahan di tengah persaingan yang makin ketat di antara perguruan-perguruan tinggi negeri maupun swasta,” imbuhnya.(yve)