Usai Dilantik Panwaskel Langsung Bertugas

240
Panwaskel se-Kecamatan Tembalang foto bersama tiga anggota Panwascam Tembalang dan Ketua Panwaslu Kota Semarang,  Muhammad Amin.

KORANBERNAS.ID — Camat Tembalang, Heroe Soekendar, berharap partisipasi pemilih akan semakin naik di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018.

“Semoga di wilayah kita Tembalang juga menunjukkan angka yang positif,” kata Heru Soekendar.

Menyampaikan sambutan pada Pelantikan dan Pembekalan Pengawas Pemilihan Kelurahan (Panwaskel) se-Kecamatan Tembalang Kota Semarang,  Sabtu (13/01/2018), di RM Djowo Ndeles dia menyatakan jika dulu partisipasi itu sekitar 75 persen diharapkan bisa naik hingga 85 persen.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah 12 Panwaskel se-Kecamatan Tembalang oleh Ketua Panwascam Tembalang, Sabtu (13/01/2018), di RM Djowo Deles.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga,  Agus Djoko M, dalam pembekalan seusai pelantikan Panwaskel, menyampaikan fokus pengawasan saat ini pada perekrutan Petugas Pemuthakiran Data Pemilih (PPDP) dan pemuthakiran data pemilih.

“Seusai dilantik Panwaskel langsung melaksanakan tugasnya.  Apalagi saat ini antara tahapan di Pilgub 2018 beririsan dengan Pileg dan Pilpres 2019,” tambah Agus Djoko.

Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin memberikan motivasi dan pembekalan kepada 12 anggota Panwaskel se-Kecamatan Tembalang. (maharani/koranbernas.id)

Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin yang hadir juga memberikan motivasi kepada Panwaskel se-Kecamatan Tembalang yang berjumlah 12 orang.

“Panwaskel wajib memiliki SIM P,  yaitu S Soliditas, I Imparsialitas,  M Mentalitas dan P Profesional. Jadi jika sopir harus memiliki SIM A,  B atau C,  Pengawas juga wajib memiliki SIM P supaya bisa menjalankan tugas dan wewenang dengan benar,” tegas Muhammad Amin.

Sebelum dilantik,  para Panwaskel wajib memenuhi dua surat keterangan kesehatan rohani dan bebas narkoba, yang sebelumnya tidak ada dalam persyaratan.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Agus Djoko, memberikan pengarahan ke Panwaskel se- Kecamatan Tembalang. (maharani/koranbernas.id)

Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Sonni W, menambahkan Panwaskel wajib memenuhi persyaratan tersebut sebelum dilantik.

Persyaratan itu sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Setelah semua dilantik, dalam waktu cepat akan diberikan bimbingan teknis mengenai pengawasan Pemilihan Gubernur yang saat ini tahapannya sudah berjalan. (sol)