Usia Senja, Bukan Halangan Ikut Lomba Gejog Lesung

308
Peserta nampak semangat dalam Lomba Gejog Lesung yang digelar di Graha Riptaloka, Desa Bantul, Kamis (17/08/2017) siang. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID–Pemerintah Desa Bantul untuk pertama kalinya menggelar Lomba Gejog Lesung, Kamis (17/08/2017) di Gedung Riptaloka komplek Desa Bantul.  Acara dibuka oleh Lurah Desa Bantul, HM Zubaidi dengan juri  Sari Wijaya (wartawan koranbernas.id), seniman ketoprak M Sugiyarto serta guru karawitan SMKI (SMKN 1 Kasihan-red) Agus Suharno S.Pd.

Lomba dipandu pembawa acara dengan Bahasa Jawa  yang kental, yakni Kuswandi yang juga Kasie Kesejahteraan Desa Bantul. Setelah dilakukan  penilaian secara independen dan obyektif sebagai juara pertama adalah tim Maharani, Dusun Nggeblag, juara 2 tim Kunti dari Dusun Kersan dan juara 3 adalah tim Sekar Budaya dari Dusun Babadan.

Jalannya lomba sendiri berlangsung meriah dan gayeng. Para penabuh lesung kebanyakan sudah berusia lanjut, namun  tetap bersemangat di masa senjanya. Pukulan alu ke lesung tetap dilakukan dengan mantap untuk menciptakan irama yang harmonis berpadu dengan tembang yang dinyanyikan anggota tim lain.

Baca Juga :  ‘Jo Podo Nelongso’, Komunikasi Ala SBY

Ada juga yang dilengkapi dengan tarian atau atraksi. Untuk tiap tim dengan minimal anggota 10 orang membawakan  lagu wajib Projotamansari dan beberapa lagu pilihan.

“Semangat berlombanya luar biasa. Ini harus kita apresiasi. Perlombaan ini sengaja kami gelar dalam rangka pelestarian seni  tradisi warisan nenek moyang,” kata Lurah Zubaidi. Untuk Desa Bantul sendiri di 12 pedusunan, semua memiliki tim gejog lesung.

“Usai lomba akan kami lakukan evaluasi, khususnya mengenai regenerasi. Karena  hampir semua pemain gejog lesung  sudah berusia tua atau sepuh,”katanya.

Gejog lesung sendiri merupakan  kegiatan yang dilaksanakan oleh nenek moyang untuk upacara di saat panen dan juga acara hajatan. Dibunyikan sebagai wujud rasa syukur kepada sang pencipta dan bentuk rasa kebahagiaan. Selain gejog lesung, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 juga digelar lomba kebersihan  dan juga lomba masak antar pedusunan.

Baca Juga :  Pimpinan KPK Datangi Polres Bantul

Sementara M Sugiyayarto mengatakan untuk kriteria penilaian adalah kedinamisan musik/irama, kekompakan parogo/peserta,kostum, koreografi pendukung dan tembang. (Sari Wijaya/SM)