Wah.. 51.459 Keluarga di Temanggung Belum Miliki Jamban

168
Rombongan Komisi E DPRD Jateng mengadakan kunjungan kerja ke Temanggung.(endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Asisten Ekbang dan Kesra Pemkab Temanggung, Sadwoko Heri Susatyo mengatakan, hingga saat ini masih ada 51.459 keluarga di Temanggung yang belum memiliki jamban. Untuk BAB, warga terpaksa melakukannya di kebun ataupun di sungai.

Saat menerima kunjungan rombongan Komisi E DPRD Provinsi Jateng, Rabu (30/08/2017), Sadwoko mengatakan, warga yang belum memiliki jamban, umumnya karena terkendala biaya. Pemkab sendiri, selama ini sudah mendorong pengadaan jamban keluarga. Namun karena keterbatasan dana, upaya tersebut belum mampu menjangkau seluruh keluarga.

“Kami terus menyosialisasikan pola hidup sehat dengan tidak membuang air besar sembarangan. Tapi peningkatan kesadaran saja tidak cukup, karena masih terkendala biaya,” kata Sadwoko.

Oleh karena itu pihaknya sangat berharap Komisi E DPRD Jateng bisa mengusahakan bantuan penganggaran dari berbagai sumber salah satu diantaranya APBD Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :  Satpol PP Segel Tower Seluler Tak Berizin

Sekretaris Komisi E DPRD Jawa Tengah, Hasan Ashari menjelaskan, kunjungan kerja di Temanggung bertujuan untuk mengetahui secara langsung tentang penanganan masalah kesehatan masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan.

Hal itu diperlukan  agar pihaknya mendapatkan informasi yang akurat sebagai bahan kajian untuk dibahas di tingkat Dewan sebagai bahan evaluasai dan masukan kepada pemprov Jawa Tengah.(Edy/Sm)