Wanita Sedunia akan Saling Bertemu

189
Presiden ICW, Jung Sook Kim (tengah) dan anggota Kowani berkunjung ke Yogyakarta dan Magelang dalam persiapan penyelenggaraan ICW-CIF General Assembly Meeting, Rabu (08/05/2018). (istimewa

KORANBERNAS.ID –Sekitar 300 delegasi perempuan dari 70 negara anggota Perserikatan Bangsa (PBB) akan menggelar Sidang Umum United Nations (UN) International Council on Women pada September 2018 nanti di Yogyakarta. Kegiatan digawangi Kowani yang merupakan federasi organisasiwanita tertua dan terbesar di Indonesia yang sekarang mewadahi 91 organisasi Indonesia non profit bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

Presiden Joko Widodo rencananya akan hadir dan membuka ICW-CIF General Assembly Meeting secara resmi pada konggres yang akan dihadiri oleh 1.000 peserta dari berbagai Organisasi Perempuan Indonesia.

Presiden International Council of Woman (ICW), Jung Sook Kim berkunjung ke Yogyakarta untuk meninjau langsung persiapan penyelenggaraan selama enam hari sejak Selasa (08/05/2018). Sebelumnya Kim bertemu Menteri BUMN, Rini M Sormarno.

“Pertemuan nanti sebagai wujud Pemerintah Indonesia yang berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, khususnya wanita melalui pembinaan ekonomi desa yang baik,” jelasnya.

Kegiatan tersebut merupakan acara tiga tahunan ICW untuk merumuskan kebijakan terkait pemberdayaan perempuan dan masyarakat. Selain itu menjadi rangkaian peringatan 130 tahun ICW dalam mendukung kemajuan kaum perempuan.

“Saat ini ICW melanjutkan program CSW6 dari United Nations untuk meningkatkan perekonomian kaum perempuan dan anak di pedesaan,” jelasnya.

Sementara Judith Dipodiputro, Staff Khusus II Menteri BUMN RI mengatakan, perempuan memainkan peran penting dalam pembangunan negara dan upaya penyejahteraan masyarakat.

“BUMN akan turut berpartisipasi sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini. Hal ini membuktikan masyarakat desa binaan BUMN tidak kalah dalam berkompetisi secara internasional melalui kualitas pelayanan dan fasilitas yang disediakan,” paparnya.(yve)