Warga Antusias Membuat KIA

247
Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin menyerahkan secara simbolis KIA saat pembuatan secara massal di Balai Desa Argomulyo, Sedayu, Senin (15/1/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Warga Desa Argomulyo,Kec Sedayu nampak antusias saat digelarnya pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) massal di Balai Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Senin (15/01/2017). Kegiatan yang dimotori Karang Taruna “Taruna Yodha” tersebut berhasil membuat 140 lembar KIA bagi seluruh anak di Argomulyo. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Camat Sedayu Drs Fauzan Mua’rifin didampingi petugas dari Disdukcapil Bantul, Ketua KT “Taruna Yodha”, Tugiyanto serta Lurah Desa Argomulyo, Bambang Sarwono.

“Kegiatan hari ini adalah gelombang ke empat,”kata Tugiyanto kepada koranbernas.id di lokasi. Tiga gelombang sebelumnya mereka menyewa bus untuk membawa anak-anak yang didampingi orang tua masing-masiing untuk membuat KIA ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Bantul. Selain difasilitasi bus gratis, anak-anak tersebut juga mendapat jatah snack bahkan diajak makan siang bersama.

“Semua kami yang membiayai. Ini sebagai wujud syukur dan wujud bhakti Karang taruna kepada masyarakat. Selama ini banyak sudah dukungan yang kami terima sehingga kami menjadi karang taruna berprestasi terbaik di DIY dan juara II tingkat nasional,” kata Tugiyanto.

Sebelum program ini dilaksanakan sudah melalui musyawarah dengan jajaran pengurus. Termasuk bagaimana membuat terobosan program yang sekiranya belum ada di tempat lain, maka tercetuslah fasilitasi program KIA ini.

Adapun untuk kegiatan fasilitasi KIA tersebut, sumber anggaran karang taruna berasal dari usaha yang dikelola seperti angkringan di kompleks balai desa Argomulyo, mengelola out bond di karts tubing serta budidaya lele.

“Mereka yang kita faslitasi awalnya adalah dari keluarga kurang mampu. Kalau sekarang menyebar dan merata di Argomulyo,” ujarnya.

Sementara itu Camat Fauzan mengatakan kalau pembuatan KIA awalnya dikoordinir oleh KT “Taruna Yodha” dan dicarterkan bus.

“Agar jumlah sasaran semakin banyak, maka saya berkomunikasi dengan Disdukcapill. Alhamdulillah mobil layanan mereka datang kemari dan bisa melayani lebih banyak anak di Argomulyo untuk membuat KIA,” ungkapnya.

Salah seorang orang tua, Feby dari Sorobayan mengaku senang karena anaknya Muhammad Rizal (2 tahun) bisa mendapatkan KIA dengan cepat tanpa harus jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil.

“Saya senang dan terima kasih kepada Karang Taruna “Taruna Yodha” atas program yang dilaksanakan,” katanya.

Menurutnya KIA ini penting sebagai identitas bagi anaknya yang masih kecil tersebut. (yve)