Warga Berlari Bawa Obor Menyala

371
Lomba lari obor di Desa Pesu Kecamatan Wedi Klaten. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Ratusan warga Desa Pesu Kecamatan Wedi Klaten Jawa Tengah mengikuti lomba lari obor yang digelar Pemerintah Desa (Pemdes) Pesu, Jumat (25/08/2017) malam. Lomba lari estafet memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, tujuannya selain untuk mengobarkan semangat nasionalisme, juga mengolahragakan masyarakat. Lomba diikuti 12 tim pria dan 6 tim putri. Satu tim putra terdiri 4 pelari dan satu tim putri 5 pelari.

Rute yang ditempuh sekitar 2,8 kilometer mengelilingi wilayah Desa Pesu. Seluruh peserta dilepas dari garis start di depan Kantor Kepala Desa Pesu dan finish di timur pertigaan Desa Pesu. Tim putra wajib melewati 4 pos dan putri melewati 5 pos. Di masing-masing pos dilakukan pergantian pelari sambil membawa obor.

Baca Juga :  Membaca Buat Kita Tak Gampang Terprovokasi

“Obor harus tetap menyala dan tidak boleh padam. Jika obor sampai padam harus dihidupkan lagi dengan api yang telah disediakan panitia di pos di sepanjang jalan yang dilalui,” kata panitia penyelenggara.

Kepala Desa Pesu, Budi Hartono, mengatakan lari obor dilaksanakan pertama kali pada tahun 1980-an. Meski dalam perkembangannya kegiatan itu sempat vakum beberapa tahun, sejak  dua tahun terakhir ini dihidupkan lagi. “Kita akan usahakan agar lomba ini sebagai agenda rutin tahunan,” katanya kepada koran ini.

Lomba ini memperoleh tanggapan positif dari warga. Mereka tampak antusias menonton di sepanjang jalan yang dilalui peserta, menyemangati tim yang didukung ketika pelari beradu cepat dengan tim yang lain. (masal gurusinga)

Baca Juga :  Pengelola Perusahaan Diminta Perhatikan Pekerja