Warga Bintaran Gelar Kirab Budaya

1435
Warga Kring Bintaran, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan menggelar kegiatan merti dusun dengan kirab gunungan, Minggu (27/08/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID--Warga di empat pedusunan yakni Cikal, Bintaran Kulon, Bintaran Wetan dan Kradenan yang tergabung dalam Kring Bintaran menggelar kegiatan merti dusun yang diisi dengan kirab, Minggu (27/08/2017). Warga dengan mengenakan busana tradisional nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Termasuk juga ribuan  penonton yang memadati rute hingga akhirnya kirab gunungan beserta ubo rampenya mencapai finish di kediaman tokoh masyarakat setempat, Ahmad Badawi dan dilakukan kenduri. Nampak ikut ambil bagian adalah Kepala Dusun Cikal Setya Handako, Dukuh Bintaran Kulon Khalida Tyas Wara, Dukuh Bintaran Wetan Tukiran serta Dukuh Kradenan Sutardi.

Ahmad Badawi ketua panitia mengatakan tradisi merti dusun merupakan salah satu kegiatan budaya untuk membangun kebersamaan di  Kring Bintaran.

“Kita bersama-sama melestarian tradisi yang ada sebagai warisan nenek moyang dan wujud syukur kepada Sang Pencipta. Juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan di antara seluruh warga,” kata Badawi.

“Kalau orang Jawa bilangnya nglumpukke balung pisah. Dan semua antusias,” tambahnya.

“Kita sengaja mengenakan busana tradisional sekaligus untuk mengenalkan kepada generasi muda. Karena kita bangsa yang besar dikenal dunia dengan beragam budaya yang tumbuh dan hidup  di tengah masyarakat. Ini jangan sampai punah,” kata anggota DPRD Bantul periode 2009-2014 tersebut. (SM)