Warga dan Komunitas Berbagi Masker

135

KORANBERNAS.ID–Hujan abu pasca erupsi freatik Gunung Merapi, Jumat (11/05/2018) dirasakan sebagian masyarakat. Diserbunya apotek untuk membeli masker membuat stok menipis sehingga banyak warga yang beraktivitas diluar rumah, termasuk pengguna sepeda motor di jalan raya tidak mendapatkan perlindungan dari hujan abu.

Karenanya sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dan komunitas di DIY ikuy turun ke jalan membagikan masker secara gratis. Sebut saja Pemuda Pancasila (PP) DIY yang membagikan ribuan masker gratis di perempatan Tugu Pal Putih Yogyakarta. Selain itu air mineral dingin bagi pengguna jalan yang lewat

Ketua Umum PP DIY Faried Jayen Soepardjan mengungkapkan, mereka secara spontan mengumpulkan apa yang bisa dihimpun untuk kemudian dibelikan masker dan air mineral bagi warga yang membutuhkan.

” Ini bentuk kepedulian kami terhadap sesama dan bentuk pernyataan masyarakat DIY itu guyub,” ungkapnya.

Dibagikannya air mineral, menurut Faried karena cuaca panas di sebagian besar wilayah DIY. Sehingga bantuan air sangat dibutuhkan diteriknya matahari dan debu vulkanik yang beterbangan.

Selain di Tugu, PP DIY juga membagikan bantuan masker ke wilayah Cangkringan yang juga mengalami hujan abu. Cangkringan merupakan salah  satu wilayah yang mengalami hujan abu cukup pekat. “

“Bantuan kami drop ke Cangkringan dan dibantu DPC PP Sleman. Juga di kota yang dilakukan aksi oleh DPC PP Kota. Diharapkan bantuan dapat meminimalisir resiko abu yang bahaya,” imbuhnya.(yve)