Warga Padamkan Api Pakai Alat Seadanya

240
Rumah milik Samiyo di Dusun Kelor RT1/2, Rabu (18/10/2017), ludes di lalap api. (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Rumah milik Samiyo di Dusun Kelor RT1/2 Desa Kelor Kecamatan Karangmojo Gunungkidul,  Rabu (18/10/2017), ludes dilalap api. Diduga kuat kebakaran ini dipicu listrik di rumah korban yang korslet.

Kapolsek Karangmojo Kompol Irianto, mengatakan, peristiwa kebakaran bermula saat Tugiyat, salah seorang warga setempat, sedang pergi ke sawah melewati rumah milik Samiyo.

Saat melintas, dirinya melihat api sudah membumbung tinggi, bagian dalam rumah terlihat api.

Saksi berteriak meminta tolong warga sekitar. Warga pun berdatangan dan membantu memadamkan api dengan alat seadanya, dan mengevakuasi barang-barang yang ada di dalam rumah.

“Tidak ada orang di dalam rumah saat itu, warga memadamkan api dengan alat-alat seadanya, beruntung api dapat cepat dipadamkan,” jelas Kompol Irianto.

Api berhasil padam setengah jam sesudahnya, namun si jago merah telah melahap setengah bangunan rumah dari Samiyo berukuran 9×5 meter persegi.

Kerugian material berupa rumah kampung yang terbuat dari kayu dengan dinding asbes dan bambu. Uang sebesar Rp 500 ribu, surat-surat penting, peralatan elektronik ikut ludes terbakar.

Kapolsek Karangmojo mengakui, dari hasil pemeriksaan sementara kebakaran itu diduga akibat korsleting listrik pada peralatan listrik. (sol)