Warga Pakai Tangga Dekati Sumber Api di Lantai Dua

297

KORANBERNAS.ID — Ketua RT 29 RW 08 Kelurahan Sorosutan Kota Yogyakarta, Haryudi, mengapresiasi kesigapan warganya yang cekatan memberikan pertolongan memadamkan api saat terjadi kebakaran di rumah keluarga Supangat, Sabtu (16/09/2017) sore.

Meski dengan peralatan seadanya hanya berupa tangga sederhana, dengan perhitungan cukup matang mereka berani mencapai lantai dua tempat sumber api. Upaya itu terbukti memberi manfaat.

“Dari rumah saya yang bersebelahan, warga menyemprotkan air dengan selang agar api tidak merembet,” kata Haryudi dihubungi via telepon seluler, Minggu (17/09/2017) pagi.

Secara spontan warga setempat mengevakuasi beberapa penghuni yang kos di lantai dua dan juga barang-barang berharga termasuk tabung gas yang  berbahaya karena sangat mungkin meledak bila terjilat api dan terkena panas.

“Kalau tidak segera dapat pertolongan, api pasti merembet ke rumah saya yang berdampingan,” kata Haryudi. Bahkan banyak barang di rumah Haryudi sudah dikeluarkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.

Beruntung, salah seorang kru petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pemerintah Kota Yogyakarta, Sutrisno, merupakan warga RW 08. Dengan demikian dia sudah tahu persis lokasi dan keadaan lingkungan sehingga upaya pemadaman bisa cepat dilakukan.

Akibat musibah kebakaran tersebut, ada dua kamar anak kos dan satu ruang tamu rusak parah. Haryudi menyatakan, kebakaran tersebut dimungkinkan terjadi karena hubungan pendek listrik. Peristiwa ini sedang didalami pihak yang berwajib.

Seperti diberitakan, Warga Jetis RT 29 RW 08 Kelurahan Sorosutan Kota Yogyakarta terkejut menyaksikan munculnya kepulan asap dari salah satu rumah warga, Sabtu (16/09/2017) petang.

Asap hitam yang disusul kobaran api itu berasal dari lantai dua rumah keluarga Supangat. Kebakaran itu berhasil dipadamkan setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemerintah Kota Yogyakarta tiba di lokasi. (sol)