Warga Rutan pun Ikut Doakan Korban Gempa

76
Kepala Rutan IIB Bantul, Soleh Joko Sutopo Amd, SH MH hadir dalam doa bersama bagi warga korban gempa Sulawesi Tengah di masjid Rutan yang beralamat di Desa Guwosari,Kecamatan Pajangan, Bantul, Minggu (30/09/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Warga Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Bantul yang beralamat di Desa Guwosari,Kecamatan Pajangan, Bantul menggelar doa bersama bagi korban gempa di masjid Rutan, Minggu (30/09/2018). Doa bersama juga dihadiri kepala Rutan Bantul, Soleh Joko Sutopo Amd SH MH dan diikuti semua pegawai Rutan serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Doa bersama ini merupakan wujud empati dan duka kami terhadap saudara kami yang ada di Sulawesi Tengah yang sedang  terkena musibah gempa bumi dan  Tsunami,”kata Soleh kepada koranbernas.id disela kegiatan doa bersama.

Selain tentunya mendoakan semua yang menjadi korban mendapat tempat yang layak di sisi NYA serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan.

Baca Juga :  Peserta Kirab Tetap Semangat Meski Diguyur Hujan

Doa bersama ini juga diikuti dengan kegiatan penggalangan dana. Untuk Rutan Bantul penggalangan dana dilakukan hingga Rabu (3/10/2018)  dengan sasaran pegawai Rutan, pengunjung dan WBP.

“Nantinya dana tersebut akan kami kirimkan ke posko penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah,”tambahnya.

Menurut Soleh kegiatan doa bersama dan penggalangan dana itu dilakukan secara serentak di jajaran Kemenkum HAM  di tanah air. Waktunya juga serentak yakni 09.00 WIB, 10.00 WITA dan 11.00 WIT. Hal itu  sesuai dengan arahan Dirjen Pemasyarakatan Ibu Sri Puguh Budi Utami.

“Jadi kegiatan ini dilaksanakanr diseluruh jajaran Kemenkum HAM di tanah air,” kata Soleh.

Apa yang dilakukan  pihaknya termasuk diikuti WBP, menurut Soleh merupakan tindakankemanusiaan dan luar biasa bagi para WBP. Karena  mampu mengasah keimanan kepada Allah SWT dengan doa dan dzikir serta  mengasah kepekaan kepada sesama. “Tentunya teriring harapan musibah ini bisa tertangani segera dan semua bisa kembali pulih,” ujar Soleh. (yve)

Baca Juga :  Hapal Alquran, 20 Mahasiswa Raih Beasiswa