Warga Tolak Gedung Bank Sampah di Sudimoro

113
Spanduk dan selebaran penolakan pembangunan bank sampah di Desa Sudimoro Kecamatan Tulung Klaten. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten membangun gedung bank sampah di wilayah Desa Sudimoro Kecamatan Tulung menuai protes dari warga. Spanduk dan selebaran sebagai protes atas rencana tersebut telah di pasang di sejumlah lokasi.

Seperti yang terjadi di perempatan Dukuh Jembangan Desa Sudimoro. Di sana ada dua spanduk penolakan di pasang warga tak dikemal.

Selain spanduk, beberapa selebaran juga di pasang warga di tembok rumah.

“Sampah jangan dibawa ke atas (lebih tinggi topografinya dari sumbernya…” demikian isi selebaran itu. Sedangkan spanduk bertuliskan 100 persen tolak pembangunan TPA Sampah tanpa kompromi.

Warga Dukuh Jembangan tidak ada yang tahu siapa yang telah memasang spanduk dan selebaran itu.

Baca Juga :  Pembangunan Pasar Darurat Disinyalir Proyek Dagelan

“Tidak tahu siapa yang pasang pak. Minggu (08/04/2018) sore belum ada tapi Senin (09/04/2018) pagi saya buka warung sudah ada spanduk dan selebaran itu,” kata Yuni, pemilik warung di perempatan Dukuh Jembangan, Senin (09/04/2018)

Senada dikemukakan Sunardi, warga yang tinggal di sekitar Kantor Kades Sudimoro. Kepada koranbernas.id, dia mengaku tidak tahu pemasang spanduk itu. Namun dari tulisan dan selebaran itu dia menduga ada kaitannya dengan rencana pembangunan bank sampah.

Di tempat terpisah Kabid Pengendali dan Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Klaten, Bambang Subiyantoro membenarkan adanya rencana pembangunan bank sampah di Desa Sudimoro. (SM)