Water Canon Keliling Desa di Gunungkidul

Kendaraan water canon dikerahkan untuk membantu warga yang mengalami kekurangan air di Gunungkidul, Rabu (09/08/2017). (st aryono/koranbernas.id)

193

 

KORANBERNAS.ID–Kekeringan yang menerjang sebagian wilayah Gunungkidul menyebabkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan banyak cara.

Polres Gunungkidul, Rabu (09/08/2017), secara khusus mengerahkan mobil water canon masuk kawasan pedesaan untuk membantu air bersih. Salah satu wilayah yang mengalami kekeringan adalah Dusun Bentar Desa Kenteng Kecamatan Ponjong.

Meski hanya sekitar 5 km dari sumber air besar, warga sekitar sudah mengalami kekeringan sejak dua bulan terakhir. Dusun ini memang terletak di daratan tinggi pegunungan karst.

“Warga di sini sudah mengalami kekeringan sejak PAH (Penampungan Air Hujan) habis, usai lebaran lalu,” kata Supatmi warga setempat.

Warga harus membeli air dari swasta seharga Rp 150.000 per tangki. Selain tangki swasta, warga membeli eceran Rp 500 per jerigen.

Baca Juga :  Tujuh Warga Playen Keracunan Makanan Hajatan

“Setiap rapat musren (Musrenbangdus) sudah diusulkan menarik air dari bawah, tetapi kendalanya dusun kami berada di dataran tinggi, sehingga pompa tidak kuat,”bebernya.

Dengan berbagai masalah itulah, Polres Gunungkidul menyalurkan bantuan air bersih menggunakan kendaraan  water canon. Kendaraan yang biasanya digunakan sebagai fungsi pengendalian massa (dalmas) kegiatan anti huru-hara tersebut, kali ini menyusuri jalan perbukitan.

“Ini menunjukkan bahwa kendaraan water canon tidak hanya untuk kegiatan kepolisian (huru hara), tetapi juga digunakan untuk membantu warga mengatasi bencana alam kekeringan. Kita memaksimalkan kendaraan yang kita miliki,” kata Kompol Verena Sri Wahyuningsih, Wakapolres Gunungkidul.

Kapasitas water canon mampu mengangkut 6.000 liter air cukup diberikan ke warga. Nantinya Polres akan terus menyalurkan bantuan air bersih ke warga. Bantuan air bersih dan sembako ini dalam rangka HUT ke-72 RI. (sol)

Baca Juga :  "Jembatan Hati" BPJS Ketenagakerjaan untuk Gunungkidul