Jamasan Watu Gilang Gunakan Air dari Tujuh Sumber

244
Warga Dusun Mangir menggelar tradisi merti dusun, Kamis (21/09/2017) malam. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ratusan warga dari  13 RT se-Pedukuhan Mangir mengikuti merti dusun Mangir Wanabaya, Kamis (21/09/2017) malam. Kegiatan itu dimeriahkan kirab jodang dan bregada perwakilan semua RT. Peserta berangkat dari Masjid Fathul Huda menuju petilasan Mangir yang berjarak sekitar dua kilometer. Barisan kirab ditutup oleh  bregada Jati Manggolo  dari Pedusunan Krebet.

Sebelum kirab dimulai dilakukan doa dan kidung macapat. Begitu sampai di petilasan watu gilang, jodang yang berisi tumpeng nasi kuning, pisang raja, ingkung dan uba rampe lainnya diletakkan di dekat watu gilang, di bawah pohon besar. Selanjutnya digelar doa tahlil dipimpin tokoh agama setempat, kemudian jamasan watu gilang oleh juru kunci Subakri

Baca Juga :  Pantau Keberadaan Elang, YKAK Pasang Satellite Tracking Ini

Jamasan ini menggunakan tujuh sumber mata air yakni Sendang Kunden, Masji Fathul Huda, Masji Al Mubarok, Masjid Al Mubtadin, Masjid Al Qofur, Rowo Jembangan serta Tempuran Kali Progo dan Bedog. Selama jamasan diiringi gending Sri Slamet yang ditabuh oleh warga setempat.

Uba rampe merti dusun. (sari wiyaya/koranbernas.id)

Hadir  dalam kesempatan tersebut   anggota DPRD DIY, Joko Purnomo SE, Lurah Desa Sendangsari Erwan Susanto serta ratusan warga Mangir yang mengikuti dengan tertib dan khidmat. Usai jamasan, dilakukan kembul bujana (makan bersama) oleh semua tamu dan warga yang hadir.

Lurah Erwan Susanto mengatakan merti dusun digelar setiap bulan Sura. Jika tidak malam selasa Kliwon maka digelar Jumat Kliwon. “Tinggal dilihat di bulan Sura itu harinya apa,” katanya.

Baca Juga :  Journey Week Ajang Berbagi Pengalaman Karier

Kegiatan merti dusun sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang sudah didapatkan, serta ucapan doa permohonan keselamatan. “Kegiatan ini akan terus dilakukan setiap tahun juga sebagai bentuk pelestarian tradisi leluhur yang harus tetap kita jaga,” katanya. (sol)