“Werkudoro Gugat” Warnai Merti Dusun

233
Wayangan dalam rangka Merti Dusun Sungapan, Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu Bantul, Sabtu (30/06/2018) malam. (Sari Wijaya/kotanbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Warga Dusun Sungapan, Desa Argodadi, Sedayu Bantul, menggelar kegiatan merti dusun, Sabtu (30/06/2018) malam. Acara diawali dengan mujahadah yang dihadiri ratusan warga setempat, dilanjutkan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Hadi Widodo asal Purworejo, dengan lakon “Werkudoro Gugat”. Pentas wayang ini berlangsung di lapangan dusun setempat, dengan disaksikan warga sekitar.

Fuady Kepala Dukuh Sungapan mengatakan kegiatan merti dusun dilaksanakan setahun sekali usai panen padi Musim Tanam (MT) kedua.

Sehari sebelumnya warga dan tokoh masyarakat setempat telah menggelar ziarah ke makam para leluhur yang menjadi cikal bakal berdirinya Dusun Sungapan.

“Kegiatan merti dusun  merupakan wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan berkah dan rezeki yang melimpah,” katanya.

Selain juga sebagai bagian dari pelestarian seni tradisi warisan nenek moyang agar tidak tergerus zaman.

Merti dusun dengan nanggap wayangan pada tahun ini merupakan tahun yang kelima.Setiap tahun ada dua RT yang bertugas mempersiapkan merti dusun. Untuk tahun ini giliran tugas adalah RT 72 dan RT 73 dari total 10 RT di Dusun Sungapan yakni mulai RT 72 hingga RT 81.

“Kalau untuk keperluan pembiayaan dalam kegiatan merti dusun merupakan swadaya dari warga Dusun Sungapan yang berjumlah 388 Kepala Keluarga (KK),”kata Fuady. (SM)