Wisatawan Tiongkok Terseret Ombak Ngandong

221
Wisatawan Tiongkok mendapat pertolongan tim SAR setelah diselamatkan akibat terseret ombak Pantai Ngandong, Jumat (6/10/2017). (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Seorang wisatawan asal Tiongkok, Khang Thai (65) terseret ombak kawasan Pantai Ngandong wilayah Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus. Peristiwa yang terjadi Jumat (6/10/2017) petang ini karena korban tidak menghiraukan peringatan petugas SAR.

Sekretaris Sarlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto menjelaskan, kecelakaan laut yang menimpa wisatawan asing ini terjadi sekitar pukul 17.45 Wib. Korban bersama rombongan datang berwisata ke Pantai Ngandong.

Pantai yang memiliki pasir putih, dan pemandangan pulau kecil yang berada tak jauh dari lokasi, membuat semua orang ingin berenang, termasuk Khang Thai. Sebenarnya tim SAR sudah berulang kali mengingtkan agar tidak berenang ke tengah laut, termasuk menggunakan papan pengumuman. “Namun korban tetap nekat. Awalnya hanya berenang di sekitarar pantai, mungkin terlalu asyik hingga tak menyadari sampai ke tengah. Saat ombak datang, langsung menyeret tubuh korban,”katanya.

Melihat korban meminta tolong, tim SAR bersama masyarakat termasuk nelayan melakukan pertolongan. Korban berhasil dievakuasi di tepi pantai menggunakan kapal nelayan. Akibat kecelakaan tersebut, korban pingsan dan mengalami luka-luka pada kaki dan tangannya.
“Alhamdulillah korban masih bisa kita selamatkan, korban segera kita bawa ke puskesmas,”imbuhnya.

Sedang kooordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono menambahkan, pihaknya sudah berupaya mengantisipasi agar para wisatawan tidak berenang. Tetapi himbauannya itu seringkali tidak dihiraukan. (yve)