Wisudawan UKDW Diharapkan Mampu Bersaing

266
Wisuda Sarjana dan Pascasarjana UKDW Periode Juli 2018, Sabtu (27/07/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Sabtu (28/07/2018) di Auditorium Koinonia kampus setempat, kembali menggelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode Juli 2018.

Pada periode kali ini UKDW mewisuda 176 mahasiswa, terdiri dari 161 mahasiswa program Sarjana (S-1) dan 15 mahasiswa program Pascasarjana (S-2 dan S-3).

Dari keseluruhan wisudawan, terdapat enam mahasiswa program Sarjana (S-1) dengan predikat “Wisudawan Terbaik”.

Mereka adalah Dorti Lusiana Ariani Tampubolon dari Program Studi Manajemen dengan IPK 3,90, Rachel Angella Pelle dari Program Studi Akuntansi dengan IPK 3,95, Tifan Adi Kuasa dari Program Studi Arsitektur dengan IPK 3,83.

Kemudian, Leonardo Sendy Dwi Atmoko dari Program Studi Informatika dengan IPK 3,78, Azhalia Amesa dari Program Studi Sistem Informasi dengan IPK 3,96 serta Claudia Paramitha Putri Kristianto dari Program Studi Bioteknologi dengan IPK 3,96.

“Kami sungguh berharap melihat setiap lulusan dari kampus UKDW mampu menemukan dan mengembangkan potensi diri seutuhnya serta mengalami transformasi hidup menjadi pribadi yang unggul dan terpercaya, yang mampu menghadapi dunia yang demikian cepat berubah dan makin berat tantangannya,” ujar Ir Henry Feriadi MSc Ph D, Rektor UKDW dalam sambutannya di depan para wisudawan.

Baca Juga :  Tour de Prambanan, Event Menantang untuk Pesepeda

Menurut dia, saat ini dunia pendidikan dan kerja dipengaruhi oleh perubahan yang sering disebut dengan revolusi industri 4.0 (Industrial Revolution 4.0 atau IR-4).

Sebenarnya IR-4 yang bertumpu pada Cyber Physical System (Artificial Intelligence, Big Data, Internet of Things, Virtual Reality) lebih berdampak langsung pada bidang industri, bisnis usaha dan ekonomi.

Namun karena sedemikian masifnya gelombang perubahan ini juga mempengaruhi pendidikan tinggi. Setidaknya mempengaruhi metode pembelajaran, inovasi teknologi edukasi, hingga prospeks lulusan yang akan masuk ke dunia kerja yang sangat cepat berubah kebutuhan dan tantangannya.

Sesudah diselesaikannya masa pendidikan di UKDW, lanjut Henry Feriadi, diharapkan para wisudawan terus mengembangkan diri (spiritualitas, karakter, kepribadian, sikap) secara positif dan mengaplikasikan kemampuan yang dimilikinya dalam berbagai bidang pekerjaan yang akan ditekuninya.

Baca Juga :  Padi Reborn Siap Gebrak Jogja

Beberapa lembar ijazah, transkrip akademik dan sertifikat pendamping ijazah tidaklah otomatis menjamin diperolehnya pekerjaan yang diinginkan apalagi mendapatkan kesuksesan dalam waktu singkat.

“Dalam memasuki lembaran kehidupan yang baru, marilah mengingat dan memegang nilai-nilai luhur Duta Wacana yang kita yakini dan junjung tinggi,” pesan dia.

Nilai-nilai itu adalah ketaatan pada Allah (obedience to GOD), berjalan dalam integritas (walking in integrity), melakukan yang terbaik (striving for excellence) dan melayani dunia (service to the world).

“Keempat nilai luhur ini tidak hanya relevan semasa kuliah saja namun tetap dapat dipakai sebagai pedoman saat membangun karier dalam pekerjaan dan pelayanan,” kata Henry Feriadi. (sol)