Wow, Pesawat Latih Marchetti untuk Praktikum

373
Lulusan STTA mengikuti prosesi wisuda. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu upaya Perguruan Tinggi (PT) untuk terus bersaing di dunia pendidikan tinggi. Berbagai upaya dilakukan seperti menambah fasilitas dan sarana pendidikan.

Hal ini pula yang dilakukan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta yang memberikan fasilitas untuk praktikum mahasiswanya melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder. Tak tanggung-tanggung, kampus tersebut menyediakan dua pesawat latih Marchetti di laboratorium mereka.

“Bantuan dari TNI AU antara lain berupa peralatan praktikum bahkan dua buah pesawat latih Marchetti yang masih bisa hidup, yang akan berfungsi sebagai kelengkapan laboratorium STTA,” ujar Ketua STTA, Marsekal Muda TNI (Purn) Ken Darmastono dalam wisuda 213 lulusan program Sarjana (S1) di kampus setempat, Rabu (11/10/2017).

Selain bantuan pesawat, YASAU juga memberikan bantuan berupa pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendidikan, baik untuk ruang laboratorium, ruang kelas dan perpustakaan. Pemerintah melalui Kopertis Wilayah V DIY ataupun Ditjen Dikti juga membatu STTA melalui program beasiswa, bantuan penelitian, pengabdian masyarakat dan sebagainya.

Menurut Ken, beragam fasilitas yang dimiliki akan membuat kampus mampu berinovasi pada proses pembelajaran mahasiswa maupun peningkatan kualitas dosennya. Pada akhirnya kampus akan meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.

“STTA sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bernuansa kedirgantaraan saat ini masih berusia relatif muda. Namun dengan visi dan misi STTA yang jelas dan dilaksanakan dengan komitmen dan disiplin yang tinggi, serta didukung oleh seluruh civitas akademika, maka STTA bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan secara berlanjut,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Wisuda, Junianto menjelaskan, sebanyak 213 lulusan terdiri dari Program Studi Teknik Penerbangan sebanyak 97 wisudawan, Program Studi Teknik Informatika sebanyak 40 wisudawan, Program Studi Teknik Mesin sebanyak 35 wisudawan, Program Studi Teknik Industri sebanyak 19 wisudawan, dan Program Studi Teknik Elektro sebanyak 22 wisudawan.(yve)