Yang Terpilih Jangan Busungkan Dada

318
Sebagian calon anggota Paskibraka DIY di sela-sela mengikuti seleksi yang digelar oleh BPO Disdikpora DIY, Senin (07/05/2018). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Edy Wahyudi, berpesan kepada Calon Anggota Paskibraka DIY Tahun 2018 untuk bersikap wajar apabila nantinya mereka lolos seleksi.

“Yang terpilih jangan membusungkan dada, yang tidak terpilih jangan merana, karena Allah telah memilihkan jalan yang terbaik untuk anak-anakku semua,” ujarnya, Senin (07/05/2018), Pondok Pemuda Ambarbinangun Kasihan Bantul.

Menyampaikan pengarahannya pada acara Seleksi Calon Anggota Paskibraka DIY Tahun 2018, dia mengatakan minat menjadi Paskibraka semakin meningkat.

Ini menjadi bukti sekaligus bantahan nyata. Artinya, tidak benar telah terjadi degradasi nasionalisme pada generasi muda.

“Seleksi Calon Anggota Paskibraka merupakan pemilihan untuk memperoleh yang terbaik dari yang terbaik, sekaligus menjadi ajang silaturahim,” tambahnya.

Baca Juga :  Periksa Kesehatan Gratis? Datang Saja ke Bantul Ekspo

Menurut dia, mengibarkan Bendera Merah Putih merupakan suatu kebanggaan, karena Sang Merah Putih bukan hanya sekadar bendera namun memiliki makna sejarah serta nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan.

“Menjadi Calon Anggota Paskibraka berarti siap untuk mengemban tugas negara, berarti pula siap berlatih dengan keras, belajar dengan tekun dan patuh kepada pelatih,” tandasnya.

Dari seleksi tersebut, satu putra dan satu putri mewakili DIY sebagai Calon Paskibraka Nasional. Sedangkan 38 putra dan putri sebagai Paskibraka DIY, sementara 20 putra dan putra sebagai Paskibraka Kabupaten/kota.

Kepala BPO Disdikpora DIY, Edy Wahyudi, siap memukul kentongan menandai dimulainya seleksi calon anggota Paskibraka DIY. (dwi suyono/koranbernas.id)

Mereka nantinya bertugas dalam pengibaran Sang Saka Merah Putih di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Kepala Seksi Pemuda BPO Disdikpora DIY, Latanggang, menambahkan seleksi dilaksanakan Senin sampai Rabu (07-09/05/2018).

Baca Juga :  Ratusan PHL Pemda Kena PHK

Peserta merupakan siswa dan siswi SMA/SMK se-DIY yang pada tahap  sebelumnya sudah mengikuti seleksi di tingkat kabupaten/kota.

“Jumlah peserta 80 orang. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 16 orang terdiri dari 8 putra dan 8 putri,” jelasnya.

Adapun tim juri terdiri dari Korem 072/Pamungkas Yogyakarta, Denpom Yogyakarta, Brimob Polda DIY, Lanal Yogyakarta, Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Disdikpora DIY, Purna Paskibraka Indonesia DIY, Purna Caraka Muda Indonesia DIY, Tim Medis RS Grasia Yogyakarta.

Materi seleksi meliputi parade, PBB (baris berbaris), kesamaptaan, kesenian, kesehatan, psikotes, bahasa Inggris, pengetahuan umum serta kepribadian dan mental ideologi. (sol)