Yogyakarta Akui Tim Banyumas dan Cirebon di Piala Bupati Purbalingga

376
Para juara pada Lomba Renang Antar Perkumpulan (KRAP) Piala Bupati Purbalingga 2018 berfoto bersama. (Prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (KRAP) Piala Bupati Purbalingga 2018 digelar di Owabong Waterpark, Purbalingga, Sabtu-Minggu (28-29/04/2018). Sedikitnya 468 perenang dari 45 perkumpulan di empat provinsi, yakni Jateng, Jabar, Yogyakarta dan Nusa Tenggara Barat terjun dalam kejuaraan ini.

Ada empat kelas yang diperlombakan, yakni gaya bebas, gaya dada, gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Masing-masing kelas terbagi menjadi lima grup berdasarkan kelompok umur.

Untuk juara umum atau peringkat pertama diraih klub Great dari Cirebon dengan perolehan medali 20 emas, 17 Perak dan 7 perunggu. Diikuti peringkat kedua oleh Bina Taruna dari Kabupaten Banyumas dengan perolehan medali 18 emas, 23 perak dan 9 perunggu.

Peringkat ketiga diraih klub TR Taruna dari Yogyakarta yang mendapat 18 emas, 9 perak dan 15 perunggu. Peringkat emas  diraih Club Perkumpulan Renang (PR)  Serayu dari Kabupaten Banjarnegara dengan perolehan 14 emas, 9 perak dan 7 perunggu.

Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Purbalingga, Bandu Suharjono mengatakan, dari kejuaraan ini menjadi bahan evaluasi dalam perkembangan pembibitan atlet renang di Purbalingga pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

Para atlet datang dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta dan Nusa Tenggara Barat.

“Ternyata kita masih tertinggal jauh dari kota lain. Purbalingga ada empat klub yang ikut. Namun hanya mendapatkan tiga medali perunggu. Masing-masing dua dari klub Dezander dan satu dari Agung Tirta,” ujar Bandu Suharjono yang juga guru SMA Negeri Purworeja Klampok, Banjarnegara ini.

Bandu mengatakan, keuntungan para peserta dengan ikut event Piala Bupati Purbalingga ini, para peserta masuk database nasional.

“Kejuaraan ini merupakan program kerja Pengkab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Purbalingga. Selain sebagai ajang silaturahim antarperkumpulan renang, juga menjadi ajang pencarian bibit perenang yang potensial,”ujarnya. (SM)