Yuk……Belajar Sambil Berwisata di Sanggaluri Park

143

KORANBERNAS.ID—Sebanyak 269 siswa darikKelas 7 dan 8 SMPN 3 Kalimanah, Purbalingga, Selasa (18/04/2018) mengikuti pembelajaran di luar ruang kelas atau Outdoor Learning Activity (OLA). Didampingi 11 guru dan karyawan, para siswa belajar sambil berwisata di  Sanggar Luru Ilmu  (Sanggaluri) Park di  Desa Kutasari, kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga.

Kepala SMPN 3 Kalimanah, Purbalingga, Dra. Rudi Mulyatiningsih, M.Pd kepada koranbernas.id mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengisi kekosongan waktu pasca USBN  (Ujian Sekolah berstandar Nasional).

“Ketika sekolah-sekolah lain memulangkan siswanya lebih gasik dari biasanya, karena pada Selasa (17/04/2018) banyak guru yang sedang mengoreksi hasil USBN, maka kami manfaatkan waktu itu untuk mengadakan OLA bagi siswa kelas 7 dan 8,” ujar Rudi Mulyatiningsih.

Baca Juga :  Usai THR, PNS Terima Gaji ke-13

Pada kegiatan itu, para siswa dibekali terlebih dulu oleh setiap guru mata pelajaran. Selanjutnya mereka diarahkan untuk mengisi lembar kerja, setelah mengamati apa saja yang dilihat di Sanggaluri Park.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari pembelajaran terpadu. Karena selama berada di  Sanggaluri Park, siswa bisa belajar tentang jenis-jenis uang di Museum Uang, mengenal wayang dan perwatakannya di Museum Wayang dan sebagainya,”ujar Rudi Mulyatiningsih.

Siswa juga bisa belajar tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Yakni  belajar  mengamati berbagai tanaman yang ada dan menuliskan ciri-ciri tanaman tersebut dari daun, bunga, biji, batang dan akar di kebun Sanggaluri Park. Yang selanjutnya, mengelompokkan mana yang termasuk tanaman dikotil dan monokotil.

Baca Juga :  SMAN 1 Purbalingga Bantu Korban Kebakaran

“Jadi dalam pembelajaran terpadu ini, siswa bisa mengamati untuk belajar IPS, IPA, Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan sebagainya,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Sanggaluri Park yang merupakan bagian dari manajemen obyek wisata Owabong Purbalingga,merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep wisata edukasi.

Di tempat ini, ada Taman Reptil, Museum Uang, Museum Wayang, Museum Artefak dan Taman Burung. Juga ada Taman Mamalia, Taman Buah, Museum Serangga, Ruang Iptek, Rumah Kaca, Labirin Pohon dan berbagai wahana permainan.(SM)